Pertemuan jodoh

JUDUL                  : Pertemuan Jodoh
PENGARANG     : Abdul Muis
SINOPSIS NOVEL

Pertemuan pertama antara Ratna murid Flobelkweekschool (SGTK) dengan Suparta pelajar Stovia (Sekolah Dokter Menengah) didalam kereta api ekspress ke Bandung, kemudian mereka saling mengikat batin masing-masing dengan perantara surat menyurat.
Waktu Ratna dengan Resmi melawat ke rumah Suparta sekota (Sumedang) ternyata ibu Suparta, Nyai R. Tejo Ningrum, masih kolot dan benar dan masih memegang teguh adapt kebangsawannya. Maka tak suka bila puteranya kawin dengan ratna orang kebanyakan.
Disanalah Ratna dicela karena adatnya terlalu maju menurut jaman yang tidak disukai. Tetapi sebaliknya ratna tidak mengikuti adapt timur yang masih kolot, jauh ketinggalan.
Setelahh ia memutuskan pengiriman-pengiriman suratnya, meskipun cintanya sudah berakar dalam hati masing-masing. Hal itu bermaksud agar suparta selalu mengekor adapt ibunya yang tidak disukai ratna.
Keadaan ayah ratna di Tagogapu, amat menyedihkan hati. Kekayaan atmaja disita oleh seorang Arab Syeck Qadir, karena tak bisa membayar hutangnya, karena penjualan kapur waktu itu amat merosot.
Hamper Syech, Qadir dibunuh oleh atmaja karean kata-katanya bahwa hutangnya boleh tidak dibayar asal anaknya yang masih gadis, ratna, diserahkan untuk dijadikan tambahan selirnya. Keluarga atmaja lalu pindah kesebuah pondok kecil disebelahnya yang kecil lagi buruk hingga terasing dari masyarakat ramai.
R Suparta pernah melawat ke situ mencari ranta yang sudah lama tidak ada beritanya. Tetapi oleh ayahnya dikatakan bahwa ratna di Bandung menjadi pelayan took, karena ia amat kasihan kepada adiknya, Sudarmo, jika diputuskan pelajarannya seperti ia sendiri dahulu.
Segera Suparta pergi ke bandung, tetapi tidak berhasil mencarinya karena ratna telah berangkat ke betawi sebab majikannya bangkrut, Sudarmo berhenti sekolahnya dan bekerja pada pegadaian di Purwakarta.
Setelah beberapa hari ratna di Betawi tidak mendapat pekerjaan akhirnya ia menjadi babu dirumah Nyonya Karnel, pengsiun bangsa Belanda, karena ia berpendapat bahwa semua pekerjaan tak akan mendapat kehinaan asal diri sendiri tidak merasa hina.
Di situ ia dituduh mencuri perhiasan majikannya dengan bukti sebentuk cincin yang ada di bawah kasurnya yang diletakan oleh kawannya secara diam-diam. Didalam tahanan, hanya liang kubur yang terlihat olehnya.
Ketika ia dibawa ke polisi akan diadili, ia dapat meloloskan diri terjun ke sungai ciliwung, karena tak kuat menahan malu atas buatan orang lain.
Dalam keadaan payah ia dibawa ke CBZ untuk dirawat dan kebetulan sekali yang merawat dokter Suparta, kekasihnya yang telah lama menanti-nanti kedatangannya.
Dari ahsil pemeriksaan, ternyata ratna dibebaskan dari hukuman, karena memang tak bersalah. Badan yang masih sangat lemah itu dirawat oleh dokter Siparta dirumah pemeliharaan orang sakit urat saraf “bidara Cina”.
Setelah sembuh, atas permintaan dokter Suparta, dilangsungkan perkawinannya dengan meriah dan bahagia.
Tidak disangka-sangka sama sekali bahwa rumah baru yang didirikan disebelah rumah ayahnya di Tagopapu ialah milik dokter Suparta untuk istrinya Ratna.

Tembakau Rendah Nikotin

Meroko dapat menyebabkan serangan jantung dan kangker. Demikian kalimat bernada himbauan ini selalu tertempel dilebel kemasan tiap produk rokok yang beredar di pasaran Nasional. Meski peringatan ini gencar diserukan, namun para perokok tidak bergeming untuk meninggalkan kebiasaan menghirup asap tembakau yang terbakar dari sebatang rokok.
Merasakan nikmatnya menghisap asap tembakau inilah yang sulit dilepaskan oleh sebagian besar perokok, yang kemudian membuat para prodesen rokok saling berlomba untuk memproduksikan produk-produk terbaru mereka. Dan ini berarti peluang utama bagi para petani tembakau dalam negeri.
Seiring dengan makin tingginya kesadaran masyarakat akan perlunya hidup sehat, tuntutan untuk mendapatkan baha baku yang serba organic dan aman bagi kesehatan semakin menjadi prioritas utama para produsen. Begitu pula dengan tembakau. Sejak ditemukan tembakau non nikotin beberapa waktu lalu, para produsen rokok pun banyak berlomba untuk mendapatkan suplai tembakau jenis ini dalam jumlah besar.
Tembakau non nokotin hanya bisa dikembangkan diwilayah Madura – Jawa Timur yang selama ini memang dikenal sebagai salah satu daerah penghasil tembakau berkualitas terbaik dan terbesar di Jawa Timur.
Dalam racikan rokok kretek, promosi tembakau Madura sebesar 25-30%, terutama berperan sebagai pemberi aroma. Bagi produsen kretek, mutu tinggi merupakan syarat utama yang diminta oleh pabrik rokok, di mana mutu tinggi tersebut akan dihargai tinggi pula.
Tembakau perancak 95 selama ini dikenal sebagai satu jenis tembakau khas Madura yang memiliki ciri sangat aromatic. Karena aromanya yang sangat khas inilah menbuat tembakau perancak selalu digunakan sebagai tembakau bunbu atau penyedap pada semua produk rokok. Adanya tembakau perancak dalam setiap produksi rokok itulah yang membuat rasa dan aroma rokok memjadi enak.

Agrobis, Edisi No. 578 Th 2004

Jatuh Cinta

Satu hati inginku denganmu
Memang sekejap aku mengenalmu
Oh…diri tenggelam disamudera cintamu

Ku jatuh cinta…..
Aku takingin pisah
Ku jatuh cinta……
Jangan tinggalkan aku sendiri

Anyaman indah cintaku yang dulu
Balik menyentuh rasa relungku
Diri tenggelam disamudera cintamu

Ku ingin kau mengerti
Cinta yang ingin ku berikan

ARTIKEL

Buah menjaga kadar gula

Orang memiliki kecenderungan makan berlebihan selama bulan puasa. Padahal kebiasaan semacam itu bisa membahayakan kesehatan. Dalam diskusi kesehatan yang diadakan produsen minuman buavita, dokter spesialis gizi Samuel Oetoro mengungkapkan, selama berpuasa penting memilih jenis makanan yang sehat. Salah satu jenis makanan yang justru harus dihindari adalah gula.
Gula memang diperlukan untuk menjaga tubuh agar tidak lemas. Namun ingat, gula yang dikonsumsi sebaiknya jenis fluktosa yang banyak terdapat pada buah-buahan segar. Bukan gula dari jenis fluktosa.
Fluktosa aman bagi tubuh karena jenis gula ini tidak membutuhkan hormon insulin agar bisa masuk ke sel-sel tubuh. Apabila sering mengkonsumsi glukosa, kerja pankreas sebagai penghasil hormone insulin menjadi berat.Untuk itu agar kebutuhan gula dalam darah tetap terjaga, perhatikan jadwal dan cara makan buah segar yang tepat. Setelah makan saur sebaiknya kita mengkonsumsi buah segar berikut daging buahnya yang mengandung banyak serat. Karena serat buah akan membantu gula terserat perlahan-lahan. Sehingga sampai sore kadar gula darah dalam tubuh akan tetap terjaga. Sebaiknya pada saat berbuka puasa, kita harus makan buah segar yang mudah dikonsomsi tanpa serat agar bisa dengan cepat terserat ke dalam sel tubuh.

(Kompas, 31 Agustus 2008)

April 15, 2010. Uncategorized.

2 Komentar

  1. MICHELIA ALBA replied:

    thx bgt… :)… bwt tugas jadi ke tolong deh.. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback URI

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: